Saturday, October 24, 2015

Jejeran Kuliner Tradisional di Airmadidi Minahasa Utara




Kue Cucur

Berwisata ke Sulawesi Utara, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khas daerah nyiur melambai ini. Selain makanan berat, kuliner ringan seperti kue-kue tradisional siap menggoyang lidah para penikmatnya.

Berlokasi di Kecamatan Airmadidi, tepatnya di jalan raya Manado - Bitung, bak pasar malam, berjejer lapak-lapak yang menyediakan kue-kue tersebut.

Berada di pinggir jalan utama, pusat kuliner favorit ini berdiri puluhan lapak sederhana yang menyediakan panganan tradisional. Namun jenis kue yang disediakan umumnya sama.


Jenis kue tradisional yang bisa ditemui yakni kukis pondang, apang beras, panada, lalampa, cucur, koyabu, kueku, nasi jaha, dodok, kolombeng kukus dan berbagai jenis lainnya.

Per buah, kue-kue ini dihargai Rp 1.750. Di kawasan ini pula melayani pemesanan dalam jumlah besar-besaran. Pengunjung bisa langsung menghubungi para penjual setempat.

Selain menyediakan kue basah, para penjual di kawasan ini juga menyediakan kue kering sebagai oleh-oleh. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 30 ribu - Rp 100 ribu per bungkusnya.

Kue Sinegor
Itu tergantung ukuran dan jenis kue yang akan diambil. Kue kering sendiri memang menjadi primadona para pelancong dari luar Sulawesi Utara untuk dibawa pulang ke daerah asal.

Wisatawan mungkin akan bertanya-tanya, kue seperti apa yang dijual para pedagang ini. Semisal kue koyabu. Kue ini terbuat dari kelapa yang dicampur tepung. Di dalamnya ditaruh gula merah, kemudian dibungkus dengan daun pandan lalu dikukus.

Dijamin, kue-kue tradisional ini akan memberi cita rasa yang tak kalah dengan kue-kue internasional. Kue-kue ini terbuat dari adonan yang sederhana, yang menggunakan hasil alam setempat, semisal kelapa.

Julien, salah seorang pedagang pun mengatakan kawasan ini memang selalu ramai dikunjungi warga. Turis-turis asing pun tak mau ketinggalan. 

Kue Kering

Kawasan ini buka pada pukul 07.00 - 21.00 Wita pada Senin - Sabtu. Hari Minggu, lapak dibuka mulai sore. Namun ada pulang yang tak jualan pada hari Minggu.

Untuk ke kawasan ini mudah. Dari Kota Manado hanya butuh waktu sekitar satu jam berkendara. Bisa juga menggunakan angkutan kota. Naik angkot juga bisa. Di terminal Paal Dua, wisatawan naik angkot jurusan Paal Dua - Airmadidi, dan bisa langsung turun ke lokasi.

Selamat menikmati kue tradisional Minahasa yang siap memanjakan lidah para penikmatnya. Sembari menikmati objek wisata lainnya, tak ada salahnya jika mulut mengunyah kuliner nikmat ini.

No comments:

Post a Comment