Saturday, October 24, 2015

Nikmatnya Ngopi di Puncak Temboan, Ada Pemandangan Gunung, Danau dan Laut





Ngopi sambil menikmati pemandangan gunung, danau dan laut ? Bukan tak mungkin. Di puncak temboan, anda bisa menikmati tiga angle pemandangan alam tersebut.

Dari puncak yang berlokasi di Kelurahan Rurukan Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), pengunjung bisa menikmati megahnya Gunung Klabat sebagai gunung tertinggi di Sulut ini.

Di sisi lain, pemandangan Danau Tondano yang juga merupakan danau terbesar di Sulut sangat jelas terlihat. Serta laut Kota Bitung terlihat dari kejauhan.

Selain ketiga angle pesona alam tersebut, Kota Tondano, sebagai Ibukota Kabupaten Minahasa terlihat seperti miniatur kecil di samping Danau Tondano.

Dari Pusat Kota Tomohon, butuh perjalanan sekitar 30 menit berkendara untuk tiba di kelurahan terujung Kota Tomohon yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Minahasa. Dari Kota Manado ke Kota Tomohon, butuh waktu sekitar 60 menit.

Selama perjalanan menuju lokasi dari pusat kota Tomohon, pengunjung akan disambut dengan bebukitan yang digarap warga menanam sayur-sayuran. Daerah ini memang terkenal sebagai daerah penghasil holtikultura.



Pemandangan bebukitan tersebut memukau para wisatawan. Sehingga tak heran, di pinggir-pinggir jalan banyak wisatan yang singgah berpose dulu, sebelum melanjutkan perjalanan ke Puncak Temboan.

Tiba di lokasi, karcis masuk per orang dikenakan Rp 4 ribu. Hanya dengan nominal tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya suasana puncak yang memberi sajian pemandangan memesona.

Saat berkunjung ke Puncak Temboan, Selasa (19/05/2015), lokasi tampak ramai. Hembusan angin segar langsung menyapa para pengunjung. Orang-orang yang baru tiba tanpa hitung tiga langsung mengambil kamera dan handhone untuk berpose.

Wajah semringah tampak terlihat, saat mereka melihat hasil jepretan. Ungkapan mengagumi seperti "wah keren" atau "bagus sekali tempat ini" terdengar pada beberapa pengunjung kala itu.

"Tempat ini bagus sekali, pemandangannya indah. Potensinya besar sekali. Kalau digarap lebih lagi, ini akan menjadi tempat luar biasa yang akan menarik para wisatawan," ujar Natalia, salah seorang pengunjung.

Di tempat ini dibangun sebuah aula yang beratapkan genteng merah. Rumah ini sering disebut rumah merah. Di samping rumah ini dibangun pijakan beton yang dijadikan tempat favorit untuk berpose.



Ada juga spot indah untuk berpose yakni lereng rerumputan. Hanya saja harus berhati-hati berada di sini, agar tak jatuh ke bawah. Karena lereng tersebut cukup terjal.

Untuk ke lokasi wisata ini, pengunjung sebaiknya menggunakan jaket. Hawa dingin akan tak bersahabat, apalagi bagi yang bermukim di daerah panas.

Di daerah dingin seperti ini, pengunjung pasti akan mudah lapar. Jangan takut, di sini pengelola menyediakan makanan dan minuman bagi para wisatawan.

Aneka kopi hangat menjadi rekomendasi untuk para wisatawan, karena dinginnya hawa setempat. Hanya dengan Rp 5 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati nikmatnya kopi hangat.

Yang lapar, aneka makanan ringan maupun berat tersedia. Seporsi pisang goreng hanya dihargai Rp 15 ribu. Ada juga pilihan lainnya seperti mie instan, paket nasi dan ikan dan jenis makanan lainnya.

Harganya relatif terjangkau dan pas di kantong. Sediakan saja Rp 20 ribu, sepaket makanan sudah bisa dinikmati di atas puncak ini.




Selain makanan, pengelola juga menawarkan dagangan stroberi, hasil alam warga setempat. Per paket stroberi organis tersebit dihargai Rp 15 ribu. Dan stroberi ini dijamin manis.

Untuk yang ingin berwisata berjemaah dan ingin menggunakan aula bisa juga. Harga sewa shift pagi dari pukul 06.00 - 18.00 Wita seharga Rp 400 ribu. Untuk shift malam dari pukul 18.00 - 06.00 Wita besoknya, dibanderol Rp 500 ribu.

Untuk shift malam, pengelola tak menyediakan tempat tidur. Hanya aula saja. Sehingga pengunjung disarankan untuk membawa alat untuk tidur.

Pengelola sendiri menjamin keamanan para pengunjung, terutama di malam hari. Ada penjaga yang akan terus mengontrol aktivitas pengunjung. Dan di lokasi ini sangat dilarang membawa minuman keras.

Puncak Temboan beroprasi tiap harinya mulai ukul 08.00 - 18.00 Wita tiap Senin - Sabtu. Untuk Minggu dibuka mulai pukul 15.00 - 18.00 Wita. Yang ingin berwisata, bisa langsung menghubungi pengelola di nomor 081340563200.

2 comments:

  1. Halo, salam kenal,
    Finneke Tesalonika Wolajan
    Terima kasih buat postingannya tentang Puncak Temboan.
    Silahkan berkunjung lagi ke Puncak Temboan.
    Tunjukan kartu identitas anda (KTP/SIM) dan kami akan memberikan sesuatu sebagai bentuk ucapan terima kasih kami.

    ReplyDelete
  2. Halo, salam kenal,
    Finneke Tesalonika Wolajan
    Terima kasih buat postingannya tentang Puncak Temboan.
    Silahkan berkunjung lagi ke Puncak Temboan.
    Tunjukan kartu identitas anda (KTP/SIM) dan kami akan memberikan sesuatu sebagai bentuk ucapan terima kasih kami.

    ReplyDelete